Resep Tongseng Keong Gurih, Lezat dan Bergizi

Hewan mungil ini ternyata dapat diolah menjadi hidangan unik dengan cita rasa lezat, serta memiliki gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berbicara soal keong emas, beberapa waktu lalu para siswa SMK di Ponorogo Jawa Timur berhasil mengolah menu makanan dari keong emas yang mereka sebut tongseng keong.

Meski sempat mengalami kegagalan, mereka akhirnya berhasil mengolah keong emas menjadi makanan yang lezat dan bisa dijual di pasaran.
Lalu seperti apa proses pengolahannya? Caranya cukup sederhana. 

Pertama, keong yang baru diambil dari sawah dicuci bersih hingga tidak ada kotoran yang menempel. Lalu masak bersama cangkangnya sampai empuk, kemudian keluarkan dari camgkangnya dan bersihkan bagian empedu untuk membuang kotorannya.

Perlu diingat bahwa bagian empedu ini harus dicuci hingga bersih karena kotoran yang didalamnya dapar menimbulkan rasa pahit yang kuat. Setelah itu daging keoh kembali dicuci bersih dan siap ditongseng.

Untuk membuat tongseng keong juga sangat sederhana, siapkan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan sejenisnya. Tambahkan cabai sesuai dengan selera. Haluskan bahan tersebut kemudian digoreng hingga tercium aroma harum.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan daging keong ke dalam bumbu tersebut, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Tambahkan kecap manis dan merica sebagai bahan pelengkap. Tunggu hingga bumbu meresap, lalu ssjikan bersama nasi putih hangat. Bagaimana, mudah bukan?

Kelezatan tongseng keong ini ternyata sudah diakui oleh masyarakat Ponorogo.

"Alhamdulillah rasanya gurih, kenyal, dan enak, seperti kerang laut yang ada di restoran. Makanan ini tepat guna, karena bisa dijadikan sarana pembasmi hama yang tengah dihadapi para petani m tani. Hewan inilah yang biasanya menjadi perusak tanaman, ternyata bermafaat juga jika dimakan,"

0 Response to "Resep Tongseng Keong Gurih, Lezat dan Bergizi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel